Berikut Harga Lengkap Alat Pemanas Air Mandi

Alat pemanas air (water heater) merk handle pintu yang bagus biasanya mahal, sekitaran Rp 2 juta per unit. Tetapi, pemanas air karya Pusat Studi Daya Paling barukan Kampus Surabaya (Ubaya) ini cuma perlu Rp 250. 000 sampai Rp 300. 000 untuk membuatnya.

Screenshot_9

Pemanas air ini memercayakan panas matahari jadi sumber intinya.

Moch Nurul Romdoni, genteng keramik tenaga penunjang akademik (laborat) di PSET Ubaya menuturkan alat ini terdiri dua sisi yaitu tangki air yang diisi 25 liter air yang mau dipanaskan. Dan poli karbonat yang berperan jadi media pemanas.

baca harga water heater listrik

Langkah kerja alat ini cukup sederhana. Air dari dalam tangki dipompa masuk kedalam sela-sela poli karbonat dengan menggunakna pompa akuarium.

Air lantas masuk ke selang yang dilapis rapat dengan alumunium foil.

Poli karbonat yang terkena panas matahari dengan automatic mau memanaskan air di dalamnya. Air yang telah panas ini mau kembali kedalam tangki lalu dipompa ke poli karbonat untuk dipanaskan sekali lagi.

”Cara kerja alat ini seperti aliran, jadi air dengan terus-terusan berputar-putar dari tangki ke polycarbonate untuk memperoleh panas yang sesuai sama, ”kata Romdoni waktu didapati di kantor PSET Ubaya, Jumat (11/10/2013).

Sepanjang pemanasan tiga sampai empat jam, telah dapat hasilkan air panas suhu 55 derajat celcius. Untuk mengukurnya diberi deteksi termometer air di bagian-bagian seperti pipa, tangki serta poli karbonat. ”Proses pemanasan paling efisien sekitaran waktu 11. 00 sampai 13. 00 WIB kala matahari tengah terik, ”katanya.

Supaya panas air tidak terlepas, sisi tangki, pipa sampai sela-selanya dilapis alumunium foil. Romdoni memprediksi panas air ini dapat tersimpan dua sampai tiga jam sebelumnya dipakai.

”Alat ini pas difungsikan dirumah sakit ataupun hotel karna air yang dibuat terjamin higienis, ”katanya.

Alat pemanas air ini, yaitu satu dari beragam jenis alat yang dibuat PSET. Selain pemanas air, PSET juga bikin sel matahari (solar cell), sumber tenaga angin serta air yang dapat hasilkan daya listrik.

Waktu ini solar cell dapat memasok tenaga listrik untuk penerangan di universitas 3 Ubaya (Ubaya Training Center) di Pacet, Mojokerto dan untuk penerangan taman di universitas Tenggilis.

Karya-karya PSET ini tempo hari dipamerkan di sela sosialisasi ISO 50001 perihal system man ajemen daya yang digelat dengan Tubuh Standarisasi Nasional di universitas Tenggilis.

ISO 50001 yaitu standard yang menolong organisasi beasar ataupun kecil dalam mengelola serta menambah efisiensi mengkonsumsi daya. Ada ISO ini diinginkan mampu mendorong pengurangan mengkonsumsi daya, emisi gas, tempat tinggal kaca serta efek lingkungan yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s