Granit Impor Mulai Singkirkan Produk Lokal

PT Platinum Ceramics Industry belum dapat harga lantai granit memulihkan penjualan sampai mendekati akhir th.. Alih-alih bertambah, penjualan Platinum jadi melorot 15-20 % lantaran perang harga dengan granit impor.

Image result for keramik granit

Director Sales & Distribution Platinum Ceramics Industry Welly Sentosa mengungkap, granit impor sekarang ini bukan sekedar berkompetisi head-to-head dengan granit lokal. Granit impor juga telah menyerang pasar keramik lokal. Argumennya, selisih harga nya tak terpaut jauh.

’’Konsumen pasti lebih harga borongan rumah pilih granit impor bila harga nya lebih murah dari pada keramik. Trennya memanglah mulai berpindah ke granit, ’’ tuturnya tempo hari (13/12). Terkecuali menjalar di lokasi perkotaan, granit impor mulai masuk ke lokasi pinggir.

Karenanya, produsen keramik memohon pemerintah membatasi pelabuhan impor granit. ’’Misalnya, barang impor cuma dapat masuk pelabuhan spesifik, tak semuanya pelabuhan di tiap-tiap daerah, ’’ tutur Welly.

Apabila granit impor masihlah mesti didistribusikan ke daerah yang cukup jauh, harga nya bisa terkerek naik. Sebab, mereka masihlah mesti membayar biaya logistik dari pelabuhan ke daerah itu.

Baca Juga : harga hollow galvanis

Satu tahun paling akhir, harga granit impor dari Tiongkok terpangkas 20 %. Ramainya granit impor dari Tiongkok juga bikin granit impor dari Vietnam tak berdaya.

’’Selisih harga granit impor dari Tiongkok lebih murah 20–30 % bila dibanding dengan dari Vietnam. Dahulu ada pula dari Vietnam, namun saat ini telah menyusut, ’’ tuturnya. Karena perkembangan ekonomi berkontraksi, Tiongkok alami keunggulan produksi granit.

Walau produksi sudah dipangkas 30 %, supply tetaplah terlalu berlebih. Karenanya, Tiongkok gencar mengekspor granit ke negara lain, termasuk juga Indonesia.
Welly menyebutkan, keadaan pasar keramik didalam negeri juga tengah oversupply hingga banyak perang harga yang berlangsung di pasar domestik.

Pendapatan produsen keramik dalam negeri juga anjlok lebih tajam sampai meraih 25–30 %. ’’Banyak produsen keramik lokal yang substitusi ke product menengah ke bawah. Pasar kami juga semakin menyasar kelompok menengah ke bawah, ’’ terangnya.

Produsen sekarang ini masihlah menantikan penurunan harga gas industri untuk industri keramik. Diluar itu, produsen memercayakan dana APBD untuk proyek pembangunan sarana umum seperti puskesmas, tempat tinggal sakit, ataupun sekolah untuk menggenjot penjualan.

’’Situasi politik juga cukup merubah penjualan keramik. Perkiraan kami untuk th. depan, keadaan pasar keramik mulai bangkit pada semester ke-2, ’’ tandas Welly.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s