Pemerintah Bali Ingin Korban Banjir Tinggali Rusun

Gubernur Bali Made Mangku Pastika glass block mulia memerintahkan pada Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali utk mengimbau warga yang ada di peta longsor serta banjir utk mengungsi. Dia juga memohon dengan tegas supaya BPBD daerah selekasnya menginformasikan peta longsor di semua lokasi Kintamani.

Image result for membangun rumah

” Hingga hari ini korban telah 13 kitchen set minimalis orang terutama yang ada di Kecamatan Kintamani Bangli. Saya memohon pada BPBD utk memberitahukan pada warga yang ada di daerah riskan longsor utk mengungsi ke tempat yang lebih aman, tak tahu ke tempat tinggal keluarga, ke balai banjar atau ke kemah atau tenda yang di bangun oleh BPBD utk kurangi resiko. Janganlah hingga ada korban lagi, ” tutur Mangku Pastika di Denpasar, Minggu (12/2) .

Mangku Pastika menilainya masih batu alam tetap ada banyak warga yang menentukan bertahan di desa yang tempatnya ada di tebing-tebing. Seperti, kata Pastika, Desa Suter serta Desa Blandingan supaya turut mengungsi.

” Sebelumnya pernah ada korban di Desa Songan B, Desa Blandingan ada juga korban. Janganlah hingga ini terulang lagi, ” tuturnya.

Bahkan juga, Pastika juga tengah memiliki rencana utk bekerjasama dengan Pemkab Bangli utk merelokasi semua warga yang ada di peta banjir serta longsor.

” Bila warga pengin direlokasi, pemerintah bakal bangunkan tempat tinggal seperti umum. Sebab banyak warga di sebagian desa itu yang masuk keluarga miskin hingga pemerintah bakal bangun tempat tinggal yang layak. Nantilah bakal dikoordinasikan dengan Pemkab Bangli, ” ungkap dia.

Menurut Pastika, situasi ini bukan sekedar utk di lokasi desa di lereng Gunung Batur saja. Kata dia, berlaku hal yang sama di sebagian kabupaten yang lain yang masuk peta riskan banjir serta longsor.

” Jadi saya berharap warga yang tinggal di daerah riskan bencana di semua Bali, mohon mengungsi sesaat, ” pinta Pastika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s