Inilah 5 Tips Memelihara Lantai Kayu Rumah Anda agar Awet

Tempat tinggal moderen sekarang banyak menterapkan kayu parket (parquet) sebagai pelapis lantainya. Alasannya utk mendatangkan kesan alami dalam area tempat tinggal, sekalian pemberi resiko hangat serta estetika. Pemanfaatan lantai kayu parket kebanyakan ada di kamar tidur, tangga, area keluarga, serta tdk kecuali di dapur. Kayu parket yg punya sifat wajar bisa berbaur dengan bahasan area yg bervariatif seperti minimalis, kontemporer, sampai classic. Lihat disini harga lantai kayu per meter .

kayu-7

Ada usaha giat yang wajib dibayar utk satu buah hasil. Begitu juga berlaku utk lantai kayu parket. Di balik kecantikannya, lantai kayu parket nyata-nyatanya butuh perawatan privat biar penampakannya tetap bersih tanpa ada jamur serta noda.

Selanjutnya perihal aturan pemeliharaan lantai kayu parket yg pas :

Teratur menyapu

Tdk ubahnya dengan model pelapis lantai lain seperti keramik, kayu parket mesti disapu tiap-tiap hari. Tujuannya biar debu serta kotoran tdk menumpuk di permukaan. Utk hasil optimal, menyapu mestinya memanfaatkan sapu berbulu lembut atau vacuum cleaner serta dilanjutkan dengan lap kering.

Sesaat utk lantai parket yg materialnya terbuat dari kayu solid atau kayu keras, ada perawatan penambahan yg butuh dilaksanakan. Ialah sistem waxing atau disemir kembali sekurang-kurangnya sekali dalam 1 bulan dengan memanfaatkan bahan pengkilap kayu (teak oli, pledge).

Hindarkan kelembapan

Musuh ‘bebuyutan’ kayu merupakan kelembaban. Karenanya jangan sempat bersihkan lantai kayu parket melalui langkah dipel, namun cukup disapu saja. Ini dikarenakan genangan air yg diakibatkan oleh sistem mengepel dapat mengendap di susunan plywood yg berakhir pada pelapukan.

Bukan hanya itu, kelembaban bisa juga menimbulkan susunan atas parket mengelupas dan ketaksamaan dorongan yg mencolok. Imbasnya sendi-sendi parket dapat terlepas serta sebabkan lantai berdecit kala diinjak. Walau di bursa pasaran udah ada product pembersih lantai kayu parket yg menjanjikan tahan gores serta tahan air, mestinya masih hindarkan pemanfaatan product itu buat memelihara keawetannya.

Strategi lain utk menjauhi kelembaban pada lantai parket merupakan memanfaatkan bahan kimia anti rayap. Langkah pemakaiannya dengan disuntik pada berapa potongan kayunya.

Baca juga harga pasir cor .

Bersihkan dengan lap kering

Kala lantai kayu parket terserang noda sisa makanan atau minuman, lekaslah bersihkan dengan tisu atau lap kering. Akan tetapi seandainya noda yg melekat termasuk ‘bandel’, memakai air perasan jeruk lemon atau belimbing wuluh utk melenyapkannya. Langkah lain, berikan cuka putih pada noda yg ada di lantai selanjutnya diamkan sepanjang empat menit serta bersihkan dengan kain lap kering.

Tiga bahan alami di atas bukan hanya bisa mengangkat noda di lantai kayu parket, tetapi juga membuatnya kelihatan bersinar kembali.

Ubah posisi perabot

Buat tempat tinggal yg tempatnya ada di ruangan tropis, lantai parket dapat butuh perawatan ekstra biar warna tdk redup akibat paparan sinar matahari. Siasatnya, rutinlah menukar letak piranti di area yg lantainya memanfaatkan kayu parket. Atau bisa pula jalankan sistem steam tiap-tiap 6 bln. sekali, dengan maksud biar warna serta kebersihan lantai kayu parket masih terbangun.

Kala memiliki rencana menukar posisi piranti, yakinkan tdk mengakibatkan goresan pada permukaan lantai kayu parket. Jangan sampai memindahkan barang melalui langkah didorong atau digeser akan tetapi diangkat.

Lapisi karpet

Biar parket terpelihara dengan baik, penghuni bisa juga melapisinya dengan karpet atau permadani. Utk memelihara keamanan anggota keluarga dalam tempat tinggal, tentukan karpet dengan alas yg tdk licin serta enteng tergeser. Tidak hanya itu, karpet mesti kerapkali dijemur biar tdk mengakibatkan kelembaban pada lantai kayu parket. Lihat juga harga batu bata ringan .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s